Sabtu, 07 April 2018

Elder Scrolls Lore - Dagoth Ur



Sebagai seorang mortal, Lord Voryn Dagoth dulu termasuk sedikit dari sekian orang yang tahu soal Jantung Lorkhan, bersama Vivec, Almaexia, Sotha Sil, dan pemimpin mereka Lord Indoril Nerevar. Dagoth mengeklaim bahwa pendeta besar Dwemer, Kagrenac bisa menarik kekuatan dari Jantung tersebut untuk membuat Dewa secara mekanik, Numidium, yang nantinya bisa digunakan untuk melawan Chimer. Setelah Azura mengkonfirmasi cerita dari Dagoth, banyak aksi dilakukan untuk menghentikan Dwemer, memulai perang yang menjadi awal menghilangnya Dwemer dan perubahan para Chimer menjadi Dunmer.

Setelah kekalahan Dwemer, alat-alat yang terkenal sebagai "Tools of Kagrenac the Master Craftsman" jatuh ketangan Chimer, dan Lord Nerevar harus dibebani soal apa yang harus mereka lakukan dengan alat-alat tersebut. Saat pertama, Dagoth sendiri ingin langsung menghancurkannya, entah Tool of Kagrenac atau Jantung Lorkhan itu sendiri, hal ini membuat Nerevar percaya bahwa dia bisa dipercaya untuk menjaga mereka saat Nerevar berkonsultasi dengan penasehatnya, Tribunal of Vivec, Almalexia, dan Sotha Sil(Serta sesembahan Daedric para Dunmer, Azura).

Sayangnya setelah Nerevar dan Tribunal kembali ke Red Mountain dengan alasan bahwa Kagrenac's Tools harus dijaga tapi tidak perlu digunakan, Dagoth menolak untuk memberikan alat tersebut walaupun dia yang sudah dipercaya oleh mereka. Tanpa diketahui oleh mera, Dagoth bereksperimen dengan alat tersebut kepada Jantung Lorkhan dan menyerap kekuatan dewa didalamnya. Dia sekarang memanggil dirinya Dagoth Ur, dan dikenal sepanjang waktu dengan nama itu. Nerevar dan para Pengawal Tribunal berhasil mengalahkan Dagoth Ur, yang diperkirakan kabur atau terbunuh dalam pertarungan kelas Dewa tersebut. House miliknya dibubarkan, yang masih bertahan dibunuh atau dimasukan ke House lainnya walaupun House ini bakalan muncul lagi dimasa depan. Tapi bagaimanapun Nerevar terluka sangat parah bahkan untuk sekelas dirinya yang membuatnya mati setelah kejadian tersebut.

Beberapa sumber membantah bahwa Nerevar mati ditangan para Tribunal, dan mereka melakukannya saat dia meninggalkan Red Mountain untuk meminta nasehat mereka, dan merekalah yang membuat Dagoth Ur memakai alat tersebut, dan Dagoth Ur hanya ingin membalas kematian teman baiknya, Nerevar. Semua bantahan tersebut dibantah keras oleh Kuil Tribunal, Vivec, dan bahkan penjabaran Dagoth Ur sendiri membantah hak tersebut, dia mengakui bahwa dia dan Nerevar datang kekawah Red Mountain untuk meledakan gunung tersebut. Bagaimanapun, Tribunal tidak mematuhi keinginan terakhir dari Nerevar, beberapa tahun berikutnya Sotha Sil tahu akan rahasia mereka, Tribunal pergi ke Red Mountain dan menggunakan Kagrenac's Tools untuk mencuri kekuatan Dewa dalam Jantung Lorkhan untuk diri mereka sendiri. Entah bagaimana caranya Dagoth Ur berhasil membangun koneksi khusus dengan Jantung Lorkhan, bagaimana caranya dia masih hidup dan abadi, terlebas dari tubuh fisiknya yang hilang serta diperkirakan mati dulunya.

Keambisiusan Tribunal terbukti menjadi bencana, terlepas memiliki banyak kemampuan hebat yang hebat untuk mendapatkan kedewaan mereka. Pada 2E 882 Tribunal pergi ke Red Mountain untuk memperbarui kekuatan mereka dengan Jantung Lorkhan melalui ritual pemandian, mereka sekali lagi berhadapan dengan Dagoth Ur, yang terlahir kembali menjadi reinkarnasi baru, dan dengan kemampuan Dewa yang jauh lebih dari cukup untuk membumi hanguskan mereka. Tidak mampu masuk kedalam pusat Red Mountain mereka terpaksa mundur. Dagoth Ur mengkontrol Jantung Lorkhan dari posisi tersebut dan membuat semakin kuat sementara para Tribunal semakin lemah.


Dagoth Ur didalam Game.
Kesuksesnya rencananya membuat Dagoth Ur meluaskan lingkaran pengaruhnya. Pertama di dekat Citadel para Dwemer dan lalu semakin menjauh diiringi dengan menyebarnya wabah kutukan yang dibawanya. Di tahun 3E 417, serangan terburuk datang, dengan rencana yang tak matang, usaha para Tribunal untuk mendapatkan kembali Citadel para Dwemer berakhir nihil, Almalexia dan Sotha Sil kehilangan artifak mereka, Sunder dan Keening, dua dari tiga Kagrenac's Tools, dan harus diselamatkan oleh Vicec.

Ghostfence
Dan pada akhirnya Tribunal terpaksa mundur dari posisi mereka, yang dulunya hidup aktif dan sekarang mereka harus memberikan banyak waktu mereka untuk menjaga tembok magic 'Ghostfence' yang mereka gunakan untuk menjaga lingkaran Dagoth Ur menyebar lebih jauh. Walaupun dengan cara seperti ini, mereka hanya berhasil sebagian. Mahluk terbang yang terinfeksi bisa melewati tembok tersebut serta ada jalur khusus dibawah tanah dari benteng Dunmer yang hilang, Kogoruhn, tempat House Dagoth hidup dan melalui itulah wabah dan Mahluk yang terkena Corpus bisa melarikan diri dari Red Mountain.

Sekarang para Tribunal hanya punya satu Kagrenac's Tools, Gountlet of Wraithguard, Tribunal tidak mampu bahkan tidak berani melewati tembok mereka sendiri untuk mendapatkan yang lainnya. Sotha Sil dan Almalexia pergi dari Alam Dunia, Vivec berdiri sendirian untuk menjaga Ghostfence, sebuah usaha yang menghabiskan hampir semua energinya bahkan dia tidak bisa keluar dari kuilnya,dia juga mulai kehilangan kontrol dengan kuilnya miliknya, Temple Ordinator menjadi lebih fanatik dan kaku sejalan dengan para Dwemer yang mulai kehilangan keimannya mereka. Sementara itu, Dagoth Ur mulai membuat Akulakhan, Numidium kedua, dewa kuningan yang akan dia gunakan untuk menguasai semua dataran Tamriel.

Selama ini dengan ketidak adanya Nerevarine. Outlander datang ke Morrowind dan merupakan reinkarnasi dari Nerevar yang diramalkan oleh Azura yang nantinya bisa memperbaiki aksi yang tak terhormat dari para penasehatnya dulu.

Tahu bahwa lebih baik daripada menghentikan Dewa Senja dan Fajar, keduanya Vivec dan Dagoth Ur mempersiapkan kedatangan Nerevarine sebaik yang mereka bisa, walaupun mereka tidak tahu kapan dan dimana, dan yang terpenting siapa yang akan memenuhi ramalan tersebut. Nerevarine bertemu dengan Vivec yang memberinya nasehat tentang bagaimana mengalahkan Dagoth Ur, walaupun dia tahu jika kesuksesan Neveranine akan menghancurkan jantung Lorkhan yang membuat kemampuan Dewanya hilang begitu saja. Dagoth Ur menawarkan dirinya kekuatan dan juga kesempatan untuk menggunakan Akulhakan untuk menyingkirkan Empire dari Morrowind.


Benteng Dagoth Ur didalam Red Mountain
Penipuan, pengkhianatan, dan juga konfronstasi yang Dagoth Ur dorong diantara para pengikutnya membuat dia tidak bisa memahami Nerevarine. Dia tak bisa menyimpulkan apakah Nerevarine ingin melawannya atau bergabung dengannya, bahkan ketika Nerevarine akhirnya menghadapinya didalam kawah Red Mountain. Nerevar yang terlahir kembali akhirnya memutuskan hubungan antara Dagoth Ur dan Heart of Lorkhan, pada saat yang sama hancurlah sudah Akulakhan. Dagoth Ur menjadi Mortal sekali lagi, dan kehilangan kekuatan kedewaannya. meskipun dia seorang penyihir yang teramat kuat, Nerevarine mengalahkannya serta mengakhiri ketakutan dan kejahatan kuno di seluruh dataran Morrowind.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebastian Armor - Lawan Naga Dengan Gaya

Kali ini saya ingin membagikan Armor dari game lain ke Skyrim lebih tepatnya Dragon Age 2. Mod ini...