Rabu, 10 Januari 2018

Cara Memakai Mod Organizer - Skyrim



Hai! Kalian saat meng-mod game apakah kalian menggunakan Mod Manager seperti NMM tau MO? Atau malah manual? Pada hari ini saya akan menerangkan cara penggunaan MO yang benar, bagi kalian yang ingin hijrah ke MO atau memang baru kali menggunakan Mod Manager. Tapi sebelum itu mari kita ulas kelebihan MO terlebih dahulu.

MO merupakan sebuah mod manager yang memanfaatkan fitur virtualisasi mod, jadi Mod dan Game tidak pernah menyatu sama sekali, berbeda dengan NMM yang mengkopi file Mod ke dalam folder game, sehingga ada kemungkinan kesalahan mod yang tidak bisa dibenarkan dan terpaksa install ulang. Dengan fitur ini juga MO jauh lebih hemat ruang ketimbang NMM, berbeda dengan NMM yang memiliki 2 mod sekaligus yaitu mod di folder NMM dan Mod yang dikopikan di Game, MO hanya menggunakan satu buah folder yang nantinya divirtualisasikan sehingga menghemat tempat untuk mod. MO juga dibilang mudah dalam interfacenya dan lebih terurut, juga memiliki fitur untuk mengecek apakah ada plugins yang hilang dari save game.

MO juga memiliki tingkat instalasi mod yang cepat, tidak seperti NMM yang harus mengferifikasi file-file yang nantinya akan ditimpakan di folder game, MO cukup mengekstraks biasa layaknya winrar. MO juga kompitable dengan banyak mod diluar nexus, dan memiliki tingkat stabilitas yang tinggipula.

Tapi disisi lain MO bukan tanpa kekurangan, beberapa mod tidak bisa dijalankan menggunakan MO seperti FNIS,XP32,Halo Poser,dan lain-lain, biasanya mod-mod yang harus memodifikasi file gawan dari game itu sendiri.

Oke mari kita lanjutkan.

1. Pertama download Mod Manager dan taruh foldernya didalam folder game, dan gunakan sebagai portable MO.




2. Jalankan MO dan tunggu sampai masuk interface





3.Sekarang kita mencoba menginstall Mod, saya akan mengambil contoh “Unofficial Patch” , ketik gambar CD dipaling pojok dan buka file mod kalian. Dan klik next.







 Untuk mengaktifkan Mod cukup dicentang.


4. Tapi ada beberapa mod yang harus diarahkan dulu kemana folder datanya, sebagai contoh dibawah “Artorias Follower” dimana folder data harus ditentukan terlebih dahulu.






5. Mod yang terinstall biasanya berada didalam folder ‘Mods’ didalam MO




6. Dan bisa dilihat folder Skyrim terbebas dari tumpukan mod, alias bersih seperti semua.



7. Dipojok juga memiliki banyak pilihan mode yang ingin dibuka, saya sering memakai mode SKSE, dan SKSE tetap harus diinstall manual dulu di game.
  


8. Awal pertama kita akan ditanyai kita harus membuka Steam atau tidak, karna Skyrim Ori membutuhkan Steam agar bisa dibuka.



9. MO otomatis terkunci ketika kita sedang bermain, kita tetap bisa meng-unlocknya tapi tidak saya sarankan karna game masih berjalan.



10. Kita juga bisa menggunakan fitur NMM Import agar bisa meng-import mod yang ada di NMM agar bisa diberikan ke MO, kita cukup mengarahkan nya ke folder Installation Info dan folder Mod






Sekian dari saya semoga bermanfaat, semoga MO bisa membantu kalian dalam memodding dan menghindari Install Ulang game yang tidak perlu :D


Sekian yang bisa saya sampaikan untuk membantu kalian mendapatkan pengalaman bermain yang lebih baik, semoga kalian bisa mengikuti dan menggunakan mod-mod diatas dan membuat modding kalian semakin lancar :D

Saya sangat berterimakasih jika kalian bisa mengajak teman-teman atau grup kalian tentang blog kecil saya dan saya berjanji akan memberikan konten yang lebih banyak dan lebih lengkap lagi kedepannya :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

World of Rudra, A Refreshing Map Mod - Skyrim

Bosan dengan Salju, Hutan, dan Kota-Kota yang memuakan? Maka Mod ini sangat cocok untukmu! ...